Tanggul Ambrol. Klaten Selatan Dilanda Banjir, 40 KK Diungsikan ke Balaidesa Krakitan

- Rabu, 16 November 2022 | 08:42 WIB
Relawan dari berbagai unsur melakukan evakuasi warga di Klaten dengan perahu karet.  (SMSolo/dok)
Relawan dari berbagai unsur melakukan evakuasi warga di Klaten dengan perahu karet. (SMSolo/dok)

Klaten, suaramerdeka-solo.com – Hujan deras yang melanda wilayah Klaten terutama bagian selatan telah menyebabkan sejumlah Kawasan tergenang, longsor.

Berdasarkan informasi BPBD Klaten, hujan deras sejak Selasa (15/11/2022) sore, telah menyebabkan ambrolnya tanggul sungai di Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Klaten.

‘’Akibat tanggul longsor, 1 KK mengalami rumah retak dan 3 KK lainnya dalam posisi siap siaga. Relawan Desa Ngandong sedang melakukan upaya siap siaga, di sekitar lokasi,’’ ujar Sekretaris BPPB Klaten, Nur Tjahjono, Selasa (15/11/2022) malam.

Baca Juga: Hati-hati! Jalan Yogya-Solo Km 23 Rusak, 13 Pengendara Motor Telah Terjatuh

Sementara itu, beberapa dukuh di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat juga terendam air, Selama malam. Akibatnya, sekitar 40 KK yang dievakuasi ke Balaidesa Krakitan.

‘’Sebanyak 40 KK warga Dukuh Duwet, Desa Krakitan terpaksa dievakuasi ke Balai Desa Krakitan. evakuasi dilakukan dengan perahu karet,’’ kata Nur Tjahjono sekitar pukul 22.30 WIB.

Sementara itu, Kades Krakitan Nurdin mengatakan, bahwa evakuasi warga terdampak banjir sudah dilakukan, namun hanya beberapa warga yang bertahan di Balai Desa Krakitan.

Baca Juga: Rumah Diterjang Longsoran Padas di Klaten, Koban Mendapat Bantuan

‘’Menjelang tengah malam evakuasi sudah selesai. Cuma beberapa orang saja, dan sebagian sudah banyak pulang ke rumah masing-masing,’’ ujar Nurdin, Rabu (16/11/2022) pukul 00.30 WIB.

Sementara itu, genangan juga terjadi di Dukuh Mbugel, Desa Krakitan di sebelah utara Rowo Jombor. Di sejumlah desa di Bayat juga dilaporkan terjadi genangan akibat curah hujan tinggi.

Di Kawasan alun-alun Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten juga terendam air, sehingga tak bisa dilalui kendaraan, terutama sepeda motor.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dalam 5 Hari, Polres Klaten Sita 44.000 Petasan

Senin, 27 Maret 2023 | 19:59 WIB
X