Banjir di Sukoharjo, Polisi Evakuasi Warga dengan Perahu Karet. Warga di Bantaran Mengungsi Tanggul

- Sabtu, 19 November 2022 | 15:40 WIB
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugrho bersama anggotanya turut mengevakuasi warga dan anak anak terdampak banjir di Kecamatan Grogol, Sabtu (19/11). (SMSolo/dok)
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugrho bersama anggotanya turut mengevakuasi warga dan anak anak terdampak banjir di Kecamatan Grogol, Sabtu (19/11). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Banjir yang terjadi di Kabupaten Sukoharjo sejak Jumat hingga Sabtu (19/11) pagi membuat ribuan kepala keluarga (KK) terdampak.

Banjir melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Weru, Grogol dan Mojolaban, serta Kecamatan Baki.

Banjir yang terjadi dikarenakan sungai yang meluap ke pemukiman warga. Untuk Kecamatan Weru, sejumlah desa yang terendam banjir di antaranya Desa Tawang, Weru, Krajan, Karangwuni, Tegalsari, dan Desa Grogol.

Baca Juga: Banjir di Weru, Droping Logistik Gunakan Traktor. Ribuan Kepala Keluarga dan Ratusan Hektar Lahan Terdampak

Untuk desa di Kecamatan Grogol yang terkena dampak banjir terpantau Desa Kadokan dan Desa Langenharjo. Kecamatan Baki di Desa Mancasan dan Desa Ngrombo.

Sedangkan di Kecamatan Mojolaban meliputi Desa Tegalmade, Desa Laban, dan Desa Gadingan.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, terjun langsung membantu mengevakuasi masyarakat yang terkena dampak banjir, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Buka Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jokowi: Terima Kasih Turut Tangani Covid-19

"Hari ini kita bersama Tim Sar dari Polres Sukoharjo, Kodim 0726, BPBD, dan relawan membantu mengavakuasi masyarakat yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman," ujar Kapolres sembari melaksanakan proses evakuasi masyarakat di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun untuk kerugian material belum bisa dipastikan," imbuhnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 19 November 2022. Sosok Abimana Dibongkar Aldebaran

Kapolres menjelaskan ketinggian air bervariasi diberbagai daerah, namun rata-rata hingga setinggi paha orang dewasa. Hingga pagi ini, Sabtu (19/11) air masih menggenangi wilayah-wilayah tersebut.

"Kita harapkan air segera surut, dan nantinya masyarakat bisa segera kembali menempati rumahnya kembali," tandas Kapolres.

Baca Juga: Banjir Menerjang Sejumlah Desa di Kecamatan Weru. Akses Sejumlah Dukuh Terputus

Camat Grogol Herdis Kurnia Wijaya mengatakan, banjir di wilayah Kecamatan Grogol ad adi desa Kadokan, Telukan dan Langenharjo.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X