Antisipasi Harga Cabe Melambung, Sukoharjo Kampanye Tanam Cabai di Pekarangan

- Senin, 21 November 2022 | 12:30 WIB
Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pertanian dan perikanan akan membagian ribuan bibit cabe untuk masyarakat. (SMSolo/ foto ilustrasi)
Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pertanian dan perikanan akan membagian ribuan bibit cabe untuk masyarakat. (SMSolo/ foto ilustrasi)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo membuat langkah terkait dengan antisipasi mahal dan langkanya cabe.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno mengatakan, ada bibit cabe sebanyak 1.968 batang yang akan dibagikan oleh Bupati Sukoharjo.

"Pemikiran kami sederhana. Kita cukupi kebutuhan warga itu di pekarangan, khususnya cabe. Sehingga saat harga cabe mahal dan langka di pasaran, mereka sudah ada karena sebelumnya sudah menanam," jelas Bagas.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Piala Dunia 2022 Inggris vs Iran dan Susunan Pemain

Dijelaskan, bibit cabe-cabe tersebut nantinya akan dibagikan untuk warga di 12 kecamatan yang ada di Sukoharjo. Mengenai sistem penamanannya warga dipersilahkan apakah akan ditaruh di pot, polybag atau pekarangan.

"Yang jelas, ada bibit yang akan dibagikan oleh Bupati dan penanamannya nanti didampingi oleh petugas. Kalau lokasinya dipersilahkan warga mau ditanam dimana, Pot boleh, Polybag atau pekarangan juga boleh," tandasnya.

Baca Juga: Ada Gajah Purba yang Hidup 800.000 Tahun Lalu di Museum Karst Indonesia Wonogiri

Terkait dengan kampanye tersebut, menurut Bagas nantinya akan diawali di derah kemasan Kecamatan Polokarto.

Sekali lagi menurut Bagas, langkah tersebut merupakan program pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya kelangkaan cabe dan mahalnya harga cabe ke depan.

Baca Juga: Viral, Video Siswa SMP Ditilang Polisi Mengamuk dan Maki-maki Polisi

Sebab tidak dapa dipungkiri dalam situasi atau musim-musim tertentu, kebutuhan akan cabe sangat tinggi dan pada saat yang sama produksi minim karena faktor cuaca. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X