12 Sekolah Ikuti Festival Ketoprak Pelajar Wankes Klaten

- Jumat, 25 November 2022 | 07:05 WIB
Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten FX Setiawan dan Ketua Panitia Sihono memaparkan rencana Festival Ketoprak Pelajar XI. (SMSolo/Mera)
Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten FX Setiawan dan Ketua Panitia Sihono memaparkan rencana Festival Ketoprak Pelajar XI. (SMSolo/Mera)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Setelah absen dua tahun karena pandemik, tahun ini, Dewan Kesenian (Wankes) Klaten akan menggelar Festival Ketoprak Pelajar (FKP) XI Tahun 2022 memperebutkan Piala Bupati Klaten.

Rencananya, FKP yang dirintis Amigo Grup itu akan digelar dua hari, Sabtu-Minggu, 26-27 November 2022 di Gedung Kesenian SD Krista Gracia (SD Kristen) Jalan Seruni Klaten Tengah.

"Tahun ini, kami akan kembali menggelar Festival Ketoprak Pelajar XI, namun karena berbagai keterbatasan maka peserta dibatasi,’’ kata Ketua Harian Wankes Klaten, FX Setiawan di Sekretariat Wankes komplek RSPD Klaten, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Uruguay tak Mampu Atasi Ketangguhan Wakil Asia Korea Selatan

Tahun ini, pesertanya hanya untuk SD dan SMP saja. Untuk SD hanya 7 peserta dan SMP 5 peserta. Sedangkan FKP tingkat SMA/SMK yang biasanya memperebutkan Piala Gubernur belum bisa diselenggarakan.

"FKP merupakan bagian dari perjalanan Klaten menjadi Kota Ketoprak. Sebenarnya Wankes punya program Ketoprak Goes to scholl/campus, tapi karena covid sehingga dibatalkan,’’ ujar FX Setiawan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pinalti Kontroversial Ronaldo Bawa Portugal Lewati Hadangan Ghana

FKP kembali digelar untuk memasyarakatkan ketoprak di kalangan pelajar, agar siswa mengenal dan memahami budaya tradisi. Diharapkan, SD dan SMP di dekat lokasi acara bisa hadir untuk menyaksikan.

Ketua Panitia FKP yang juga Komite Ketoprak Wankes, Sihono menambahkan, sebenarnya banyak sekolah yang ingin ambil bagian pada FKP 2022, namun panitia terpaksa membatasi jumlah peserta karena keterbatasan dan waktu.

Baca Juga: Sopir Minibus Jadi Tersangka Kecelakaan Minibus Maut di Gunung Pegat Wonogiri

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X