Desa Keloran Selogiri Gelar Simulasi Pilkades

- Jumat, 25 November 2022 | 18:48 WIB
Warga Desa Keloran Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri mengikuti simulasi pencoblosan Pilkades di balai desa setempat, Jumat (25/11).  (SMSolo/Khalid Yogi)
Warga Desa Keloran Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri mengikuti simulasi pencoblosan Pilkades di balai desa setempat, Jumat (25/11). (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Desa Keloran Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri menggelar simulasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di balai desa setempat, Jumat (25/11).

Simulasi dilakukan agar semua pihak memahami tata cara Pilkades, sehingga pelaksanaanya dapat berlangsung lancar.

Ketua Pilkades Keloran, Narman mengatakan, simulasi dilakukan dengan memeragakan tahap pencoblosan dan penghitungan suara.

Baca Juga: 39 Orang Bertarung Pada Pilkades di Wonogiri. Inilah Daftar Namanya

"Kami harapkan kegiatan simulasi ini dapat dipahami oleh seluruh panitia Pilkades Keloran," katanya.

Kapolsek Selogiri AKP Agus Syamsudin mengatakan, kegiatan diikuti sekitar 50 orang. Simulasi atau latihan itu untuk mengingatkan tata cara pemilihan kepala desa agar menghasilkan yang terbaik.

Pihaknya berpesan agar para panitia menjaga netralitas supaya Pilkades Keloran berjalan aman dan lancar. Adapun simulasi untuk satu perangkat TPS rencananya akan digelar di Polres Wonogiri, Selasa mendatang (29/11).

Baca Juga: 13 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Serentak pada 8 Desember 2022. Ini Tahapannya

Camat Selogiri Sigit Purwanto berpesan agar panitia bekerja sesuai dengan tahapan-tahapan, sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun.

Adapun kedua calon kepala desa diminta berkompetisi secara sehat. Sedangkan pencoblosan Pilkades serentak di Wonogiri akan dilaksanakan tanggal 7 Desember mendatang.

"Mohon semua saling membantu pelaksanaan Pilkades Keloran ini sehingga dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan aman. Kita tunjukkan Selogiri mampu menyelenggarakan Pilkades dengan aman dan lancar," pintanya.

Baca Juga: Jelang Pilkades di Boyolali: Rekomendasi Kades Belum Beres, Warga Datangi Kantor Desa Manggis

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 39 orang akan maju sebagai calon kepala desa dalam ajang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wonogiri tahun ini. Pilkades serentak tersebut digelar pada 15 desa di 12 kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri Antonius Purnama Adi mengatakan, sebanyak 11 desa diikuti oleh dua calon kepala desa.

Sedangkan jumlah peserta terbanyak ada di Desa Tawangharjo (Kecamatan Jatipurno) dan Desa Gambiranom (Kecamatan Baturetno), di masing-masing desa tersebut diikuti lima calon kepala desa.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Diminta Berperan dalam Konservasi Air

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:35 WIB

PKS Wonogiri Targetkan Enam Kursi dalam Pileg 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:27 WIB

Panen Raya Jagung di Bendungan Plumbon Wonogiri

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:52 WIB
X