LPM Unisri Berkunjung Ke Kantor Suara Merdeka Solo. Ini yang Dibahas

- Jumat, 25 November 2022 | 20:21 WIB
Kepala Biro Suara Merdeka Solo Evie Kusnindya (berdiri) dan wartawan Heru Susilo memberi penjelasan dalam kunjungan LPM Unisri Solo di kantor biro setempat, Jumat (25/11). (SMSolo/dok)
Kepala Biro Suara Merdeka Solo Evie Kusnindya (berdiri) dan wartawan Heru Susilo memberi penjelasan dalam kunjungan LPM Unisri Solo di kantor biro setempat, Jumat (25/11). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (LPM Unisri) Solo berkunjung di kantor Suara Merdeka Solo, Jumat (25/2022).

Kunjungan yang diikuti 30 mahasiswa itu diterima Kepala Biro Suara Merdeka Solo, Evie Kusnindya. Mereka bermaksud mendapatkan pengalaman dan pembelajaran secara langsung dalam bidang jurnalistik.

Kepada para awak LPM Unisri yang berkunjung, wartawan Suara Merdeka Heru Susilo menjelaskan beberapa hal mengenai jurnalistik.

Baca Juga: 10 Mahasiswa UMS Penerima Beasiswa Digembleng Menulis Karya Jurnalistik

Dalam forum tanya jawab, salah satu materi yang disampaikan yaitu mengenai clickbait. Pada saat ini sering bermunculan berita-berita di media sosial yang tidak sesuai dengan fakta lapangan.

Konten tidak bertanggung jawab tersebut memanfaatkan clickbait dengan tujuan berita yang disuguhkan banyak diminati dan mendapatkan keuntungan tersendiri.

Namun pada kenyataanya untuk menjadi seorang jurnalis, harus memahami kode etik dan prinsip jurnalistik.

Clickbait tentunya sangat merugikan pembaca karena dapat menyesatkan para pembaca terhadap berita tersebut.

Baca Juga: Membangun Sekolah Unggul melalui Ekstrakurikuler Jurnalistik

Lebih lanjut Heru menyampaikan beberapa tips dalam melakukan wawancara. Sebab salah satu tugas keseharian yang dilakukan seorang wartawan adalah melakukan wawancara terhadap narasumber.

Menurutnya, butuh strategi bagi seorang pewarta untuk melakukan wawancara, agar hasil yang didapat sesuai dengan target.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB
X