Puluhan Umat Hindu Bali Kunjungi Boyolali, Ini Tujuannya

- Minggu, 27 November 2022 | 13:50 WIB
Rombongan umat Hindu Bali melakukan ritual dan doa di Makam Sri Makurung Handayaningrat di Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono. (SMSolo/Joko Murdowo)
Rombongan umat Hindu Bali melakukan ritual dan doa di Makam Sri Makurung Handayaningrat di Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Puluhan umat Hindu Bali mendatangi sejumlah tempat wisata religi di wilayah Kabupaten Boyolali.

Mereka sengaja datang menjalani ritual Tirtha Yatra atau penyucian diri kolam pemandian di Pengging, Kecamatan Banyudono.

Kegiatan yang dipimpin Ida Pinandita Istri Nabe itu digelar pada Sabtu (26/11). Acara diawali dengan mendatangi Makam Sri Makurung Handayaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Ageng Pengging Sepuh dengan mengenakan pakaian adat lengkap.

Baca Juga: Nyaris Bunuh Diri, Pemuda Ponorogo Ini Berhasil Diselamatkan Polisi

Selepas dilakukan pemujaan, mereka datang di area pemandian di kawasan Pengging. Dipimpin Ida Pinandita Istri Nabe, umat Hindu menggelar upacara Tirtha Yatra, sebuah proses kunjungan ke tempat suci di daerah yang memiliki hubungan dharma dengan umat Hindu Bali.

Upacara diawali dengan Mapakeling atau meminta permisi pada penguasa setempat. Kemudian melakukan pemujaan.

Baca Juga: Tutup Pospenas IX 2022 di Solo, Wamenag: Santri Harus Siap Hadapi Tantangan Baru

Tahapan selanjutnya adalah para peserta melakukan pembersihan diri dengan cara menceburkan diri ke kolam yang disucikan yang dipimpin oleh Ida Pandita Nabe Istri

Setelah itu mereka lalu bersembahyang dengan melakukan semedi dan brata. Dilanjutkan dengat mengambil air dari wadah-wadah yang sudah disucikan untuk dibawa ke Bali.

Baca Juga: Gol Perdana Lewandowski Bawa Arab Saudi kembali Menginjak Bumi

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X