Ratusan Napi dan Tahanan Rutan Solo Jalani Tes VCT, Untuk Apa?

- Minggu, 27 November 2022 | 14:05 WIB
 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menghuni di Rutan Kelas I Surakarta menjalani tes VCT untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi HIV/AIDS, Jumat (25/11). (SMSolo/dok)
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menghuni di Rutan Kelas I Surakarta menjalani tes VCT untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi HIV/AIDS, Jumat (25/11). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Ratusan narapidana dan tahanan yang menghuni di Rutan Kelas I Surakarta, Jumat (25/11) pagi, secara acak dikumpulkan di Aula.

Ada sebanyak 250 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berkumpul di Aula sempat mendapatkan penyuluhan, bimbingan hingga pengarahan tentang arti pentingnya menjaga kesehatan baik jasmani dan rohani.

Namun tidak lama kemudian, mereka menjalani voluntary counseling and testing (VCT), sipilis dan hepatitis. Hal ini dilakukan untuk mengecek kesehatan setiap WBP.

Baca Juga: Puluhan Umat Hindu Bali Kunjungi Boyolali, Ini Tujuannya

Untuk mengetahui kesehatan para napi dan tahanan tersebut pihak rutan menggandeng Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo. Langkah yang dilakukan, setiap WBP diambil sampel darahnya untuk mendeteksi apakah terjangkit virus HIV/AIDS atau tidak.

Kegiatan pengambilan sampel darah melibatkan dokter dan petugas medis dari sejumlah puskesmas di Solo.

Baca Juga: Nyaris Bunuh Diri, Pemuda Ponorogo Ini Berhasil Diselamatkan Polisi

"Ada sebanyak 250 WBP yang menjalani tes VCT. Mereka berasal dari Blok C Rutan Solo," jelas Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Kelas I Solo, Irfan Fakhrudin.

Kegiatan ini, lanjut Fakhrudin, dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia setiap 1 Desember.

Baca Juga: Pimpin Sholawat Penutupan Pospenas IX 2022 di Solo, Habib Syech: Ini Wadah Santri Bersilaturahmi

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB
X