Dua Obyek Wisata Lereng Merapi Klaten Raih Anugerah Pesona Indonesia

- Minggu, 27 November 2022 | 20:29 WIB
Bupati Sri Mulyani menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia untuk Girpasang dan Kali Talang di Aceh.dok    (SMSolo/dok)
Bupati Sri Mulyani menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia untuk Girpasang dan Kali Talang di Aceh.dok (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Tahun ini, dua obyek wisata andalan Klaten yang berlokasi di lereng Gunung Merapi berjaya puncak ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, kompleks Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jumat (25/11/2022).

Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten berhasil meraih Juara 1 Kategori Dataran Tinggi, sedangkan Kali Talang Bike Park di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten meraih Juara III untuk Kategori Wisata Olahraga dan Petualangan.

Baca Juga: Jepang Tumbang! Persaingan Grup E Makin Ketat

“Alhamdulillah, Girpasang dapat Juara 1 Katagori Dataran Tinggi dan Kali Talang Juara 3. Penghargaan diterima oleh Ibu Bupati Klaten Sri Mulyani di Aceh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho.

Bupati Sri Mulyani sangat bersyukur atas prestasi dua obyek wisata di Klaten yang ternyata tidak kalah dengan obyek wisata dari daerah lain. Dia berharap penghargaan API Award 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa menjadi semangat untuk terus mengembangkan pariwisata di Klaten.

Baca Juga: Tundukkan Angkasa Tulungagung, Wahana Zigzag Kampiun Putri Kejurnas Voli U17 2022

“Harapan saya, pariwisata di Klaten tambah maju dan makin berkembang sehingga menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk datang. Tentu saja, itu akan berdampak pada perekonomian masyarakat Klaten,’’ tegas Sri Mulyani.

Anugerah Pesona Indonesia (API) digelar untuk membangkitkan pariwisata Indonesia. Ada 18 kategori pada ajang penghargaan API 2022. Untuk katagori Dataran Tinggi, Juara I Girpasang Klaten, juara 2 Burtelege, Kabupaten Aceh Tengah dan Juara 3 Bukit Reban Kucing, Kabupaten Empat Lawang.

Baca Juga: Prediksi Belgia vs Maroko di Grup F Piala Dunia 2022, Sama-sama Tidak Meyakinakn di Mtch Day I

Sedangkan untuk katagori wisata olahraga dan petualangan, Juara 1 diraih Camping Ground Riam Parangek, Kabupaten Bengkayang, juara 2 Trekking Gunung Kerinci, Kabupaten Solok Selatan dan Juara 3 Kali Talang Bikepark, Klaten.

‘’Penghargaan ini semoga membuat obyek wisata Klaten untuk terus berkembang dan semakin dikenal di tingkat nasional. Ke depan, pengembangkan wisata akan terus dilakukan dengan melibatkan Pokdarwis, desa wisata dan tokoh masyarakat,’’ ujar Sri Nugroho.

Baca Juga: Girpasang Klaten Terus Berbenah Memikat Wisatawan Nasional

Sementara itu, Girpasang merupakan dukuh terpencil yang semula terisolir yang paling dekat dengan Puncak Merapi. Untuk mencapainya, harus naik turun tebing jurang sedalam 150 meter, lewat jalan setapak dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Baca Juga: Jembatan Kaca Waduk Gajahmungkur Dibuat dengan Pola Melingkar

Kini, sudah ada jembatan gantung sepanjang 120 meter yang dibangun oleh Kementerian PU, sehingga Girpasang tak lagi terisolir. Ada pula gondola, namun tak semua pengunjung berani menaikinya. Bila beruntung, di sana bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan puncak Merapi bila tak ada kabur.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X