Cegah Ekstrimisme dan Terorisme, Ini Langkah Pemkab Sukoharjo

- Senin, 28 November 2022 | 12:43 WIB
Bupati Sukoharjo etik Suryani membuka acara Pembinaan Tim Terpadu dan Penyusunan RAD PE di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Senin (28/11). (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo etik Suryani membuka acara Pembinaan Tim Terpadu dan Penyusunan RAD PE di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Senin (28/11). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Dalam rangka mencegah dan menanggulangi ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada aksi terorisme, Pemkab Sukoharjo menyusun Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Ekstremisme (RAD-PE).

Seperti diketahui, Kabupaten Sukoharjo selalu identik dengan terorisme. Dalam beberapa kurun waktu terakhir, nama Kabupaten Sukoharjo selalu dikait-kaitkan dengan aksi terorisme.

Baca Juga: Balas Cuitan Soal Tambang Ilegal di Klaten, Gibran: Backingannya Ngeri

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, pemerintah pusat telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme tahun 2020-2024.

Tujuan dari peraturan tersebut adalah meningkatkan perlindungan hak atas rasa aman bagi setiap warga negara. Sekaligus sebagai pelaksanaan kewajiban negara terhadap HAM dalam rangka memelihar akeamanan nasional berdasar Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga: Ini Daftar Top Skor Sementara Piala Dunia 2022 Qatar. Enner Valencia Bersaing dengan Kylian Mbappe

Dikatakan, saat ini ancaman intoleransi, radikalisme dan ekstremisme yang mengakibatkan munculnya berbagai kejadian kekerasan masih sering kita hadapi, apalagi akhir-akhir ini masih ada organisasi atau perorangan yang terang-terangan akan mengganti paham idiologi Negara. Kaka secara nyata hal ini merupakan sebuah gangguan keamanan dalam kehidupan masyarakat serta mengancam idiologi Negara," jelas Bupati dalam acara Pembinaan Tim Terpadu dan Penyusunan RAD PE di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Senin (28/11).

Baca Juga: Prediksi Brasil vs Swiss, Brasil Tanpa Neymar dan Danilo

Karena itu, ARD merupakan sebuah rangkaian yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk mencegah menanggulangi etsrimisme berbasis kekerasanyang mengarah terorisme.

"Ini juga sebagai acuan bagi pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme," kata bupati.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X