Resmi! DPRD Boyolali Naik Menjadi 50 Kursi pada Pileg 2024. Ini Kata KPU Boyolali

- Senin, 28 November 2022 | 13:48 WIB
Kursi DPRD Boyolali dipastikan bertambah menjadi 50 kursi pada Pileg 2024 mendatang. (SMSolo/Joko Murdowo)
Kursi DPRD Boyolali dipastikan bertambah menjadi 50 kursi pada Pileg 2024 mendatang. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Jumlah kursi di DPRD Boyolali resmi menjadi 50 kursi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Jumlah tersebut berarti bertambah 5 kursi dari 45 kursi saat ini.

“Sudah ada penetapan resmi dari KPU Pusat,” ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Boyolali, Muhammad Rohani, Senin (28/11).

Baca Juga: Bantah Gibran, Kapolres Klaten Bantah Ada Beking Tambang Ilegal. Sudah 6 Kasus Diproses

Dijelaskan, hal tersebut sesuai dengan jumlah penduduk di Kabupaten Boyolali yang mencapai 1 juta jiwa. Sehingga ada 5 kursi tambahan, dari 45 menjadi 50 kursi.

Terkait hal itu, pihaknya terus mensosialisasikan rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD untuk 2024 mendatang.

Baca Juga: Ini Daftar Top Skor Sementara Piala Dunia 2022 Qatar. Enner Valencia Bersaing dengan Kylian Mbappe

“Ada dua alternatif dapil. Yakni lima dapil dan enam dapil. Tiap dapil maksimal 12 kursi. Saat masih proses uji publik.”

Menurut Rohani, hasil pemutakhiran data, jumlah penduduk Boyolali mencapai 1.083.524 orang. Ada tiga kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak. Yaitu, Ngemplak dengan 92.405 penduduk, Nogosari 74.039 penduduk, dan Boyolali 73.980 penduduk.

Baca Juga: Balas Cuitan Soal Tambang Ilegal di Klaten, Gibran: Backingannya Ngeri

Terkait dapil, alternatif pertama dengan tetap lima dapil. Namun, ada perubahan di dapil II. Rinciannya, dapil I terdiri dari Kecamatan Ampel, Boyolali, Mojosongo dan Teras dengan alokasi 10 kursi.

Kemudian Dapil II terdiri Selo, Cepogo, Musuk, Tamansari dan Gladagsari dengan alokasi 9 kursi.

Baca Juga: Cegah Ekstrimisme dan Terorisme, Ini Langkah Pemkab Sukoharjo

Kemudian, Dapil III terdiri Karanggede, Kemusu, Wonosegoro, Juwangi, Wonosegoro dengan alokasi 9 kursi. Lalu, dapil IV terdiri dari Kecamatan Nogosari, Simo, Klego dan Andong dengan alokasi 11 kursi.

“Lalu dapil V mencakup Sawit, Banyudono, Sambi dan Ngemplak dengan alokasi 11 kursi. Pada pileg sebelumnya, dapil II hanya empat kecamatan. Namun, pileg 2024 bertambah Gladagsari.”

Baca Juga: Prediksi Brasil vs Swiss, Brasil Tanpa Neymar dan Danilo

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X