Emergency SKB Klaten Kirim Bantuan, Bantu Pengungsi Cugenang Bikin Huntara

- Senin, 28 November 2022 | 17:57 WIB
Para relawan Emergency SKB Klaten dan Semut Geni sebelum berangkat ke Cianjur.  (SMSolo/Merawati Sunantri )
Para relawan Emergency SKB Klaten dan Semut Geni sebelum berangkat ke Cianjur. (SMSolo/Merawati Sunantri )

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Bencana gempa Cianjur telah mengetuk hati banyak pihak, termasuk komunitas relawan Emergency SKB Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sebanyak 11 relawan Emergency SKBdan Semut Geni Klaten bertolak menuju Kabupaten Cianjur, Minggu (27/11/2022) sore. Mereka membawa peralatan evakuasi dan bantuan logistik untuk korban gempa.

‘’Kami membawa bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur. Bantuan digalang para relawan dari pasar-pasar, jalan dan dari para donatur. Ada berbagai macam bantuan yang kami bawa, semoga bisa membantu,’’ kata Ketua Emergency SKB, Agus Supriyanto.

Baca Juga: Jenazah Ayah dan Anak di Cijedil Ditemukan, Korban Gempa Cianjur Jadi 323 Orang

Selain bantuan logistik, para relawan juga membawa peralatan safety komplit untuk seluruh personel, mulai dari jas hujan, sepatu boot, hingga peralatan evakuasi yang mereka punya, serta kebutuhan logistik untuk personel.

‘’Kami membawa logistik sendiri untuk kebutuhan personel agar di sana tidak menjadi beban. Rencananya, kami akan di sana selama 3 hari dan bergabung di bawah koordinasi BPBD Cianjur, dimana mau diperbantukan, kami ikut,’’ kata Agus.

Rombongan dilepas Kasi Trantib Kecamatan Jogonalan, Agus Wahyudi di Posko Emergency SKB Jogonalan. Tampak dua relawan Semut Geni, FX Sriyanto dan Yudi ikut bergabung dalam rombongan.

Baca Juga: Pernah Jadi Korban Gempa, Warga Wedi Klaten Galang Bantuan Dana Gempa Cianjur

‘’Terima kasih untuk Kecamatan Jogonalan atas partisipasi dan dukungannya pada kegiatan Emergency SKB ke Cianjur. Mohon doanya agar perjalanan lancar, dan kami bisa berbuat maksimal sesuai kemampuan kami,’’ ujar Agus Supriyanto.

Dalam kesempatan itu, Agus Wahyudi berharap agar saat tiba di Cianjur, relawan Klaten langsung berkoordinasi dengan Posko Bencana BPBD Cianjur agar bisa dibantukan di lokasi yang membutuhkan.

‘’Kalau di sana, ikuti aturan main di sana, agar ke datangan relawan Klaten bisa membantu sesuai yang dibutuhkan,’’ kata Agus Wahyudi.

Sebelum dilepas, mereka melakukan doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran misi. Rombongan yang berangkat terdiri atas 1 minibus, 1 ambulance dan mobil 1 pick up berisi bantuan logistik.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur Jadi 321 Orang, 11 Hilang Masih Dicari

Rombongan relawan Emergency SKB dan Semut Geni Klaten tiba di Cianjur, Senin (28/11/2022) pukul 11.29 WIB. Mereka langsung menuju Posko BPBD Cianjur untuk berkoordinasi.

"Kami berkoordinasi dengan BPBD Cianjur dan mendapat tugas di
Dukuh Burangkeng, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Rencananya akan membantu pengungsi terdampak gempa untuk membuat hunian sementara dari terpal dan MCK,'' kata FX Sriyanto dari Cianjur, Senin (28/11/2022).

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X