Kembangkan Seni Budaya, Pura Mangkunegaran dan ISI Solo Sepakat Berkolaborasi

- Rabu, 30 November 2022 | 06:05 WIB
Raja Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X (kiri) dan Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, menunjukkan MoU kerja sama pengembangan seni dan budaya di Pura Mangkunegaran.  (SMSolo/dok)
Raja Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X (kiri) dan Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, menunjukkan MoU kerja sama pengembangan seni dan budaya di Pura Mangkunegaran. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pura Mangkunegaran dan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo berkolaborasi untuk mengembangkan seni dan budaya.

Kedua institusi itu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang ‘Pengembangan di Bidang Seni Budaya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi’ serta Memorandum of Agreement (MoA) tentang ‘Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Mereka dan Kerja Sama Bidang Penelitian’ dan ‘Kerja Sama Bidang Pergelaran dan Pameran Karya Seni’.

Baca Juga: Kenapa Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Digelar di Pura Mangkunegaran? Ini Alasannya Menurut Gibran

Seremoni penandatanganan kerja sama itu berlangsung di Dalem Prangwedanan Pura Mangkunegaran, antara KGPAA Mangkunegara X dan Rektor ISI, I Nyoman Sukerna, dan Wakil Rektor ISI Bambang Sunarto serta Sugeng Nugroho.

“Penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan tindak lanjut konkret dari kerja sama telah lama terjalin antara Pura Mangkunegaran dan ISI.

"Penandatanganan kerja sama ini untuk mendukung peran Pura Mangkunegaran dalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan, di mana rencana pengembangan Pura Mangkunegaran tidak akan meninggalkan akarnya dan didukung oleh penelitian dan kajian yang sesuai dengan standar akademik,” terang Mangkunegara X dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga: Pura Mangkunegaran Solo Ubah Lapangan Tenis Jadi Taman

Sugeng Nugroho menjelaskan, kerja sama Pura Mangkunegaran dan ISI telah berlangsung sejak ISI masih bernama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Solo pada 1970-an.

“Terbukti banyak alumni, dosen dan staf Pranata Laboratorium Fakultas Seni Pertunjukan ISI yang berkiprah di Pura Mangkunegaran, bahkan ada yang telah diangkat menjadi abdi dalem.

"Sebaliknya, tidak sedikit gending-gending dan karya tari gaya Mangkunegaran yang dijadikan materi pembelajaran praktik di Prodi Seni Karawitan dan Prodi Tari ISI.”

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB
X