Rumah Warganya Nyaris Hanyut Tergerus Arus Bengawan Solo, Bupati Sukoharjo Minta BBWS Bertindak

- Rabu, 30 November 2022 | 14:36 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat kondisi rumah warga Desa Pjok yang nyaris hanyut ditergang arus Bengawan Solo.  (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat kondisi rumah warga Desa Pjok yang nyaris hanyut ditergang arus Bengawan Solo. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-spolo.com - Sebuah rumah di Dukuh Tegalmulyo RT 2/2 Desa Pojok Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo nyaris hanyut.

Pasalnya tanah yang ada bawah dan samping rumah tersebut sudah hanyut tergerus derasnya arus Bengawan Solo. Bahkan penghuni rumah tersebut, sejak beberapa hari lalu sudah mengungsi ke tempat lain.

Jika dilihat secara sekilas, kapan rumah itu akan hanyut dan ambruk sepertinya tinggal menunggu waktu saja. Sebab tanah bagian bawah lantai sudah membentuk goa.

Baca Juga: Warga Beji Boyolali Ditemukan Tewas di Waduk Kedungombo

"Pemilik rumah pak Sarjoko sekeluarga sudah pindah karena kondisinya sudah mengkhawatirkan. Karena itu beberapa hari kemarin rumah itu dibongkar, " ungkap tetangga Sarjoko.

Kepala Desa Pojok, Tukiman mengatakan, ada skeitar 4 rumah yang terancam abrasi Bengawan Solo. Tetapi kondisi yang sangat mengkhawatirkan adalah rumah Sarjono.

Baca Juga: Ponjong Gunung Kidul Banjir. Sungai Ponjong dan Karangmojo Meluap. Tiga Orang Dikabarkan Hanyut

"Ada 7 jiwa yang tinggal di dalam rumah itu tetapi sejak Sabtu lalu, saat terjadi banjir keluarga itu sudah pindah ke rumah orang tuanya. Karena itu warga bersama relawan melakukan pemmbongkaran," ungkap Kades.

Menurutnya, kondisi itu sebenarnya sudah dilaporkan ke BBWSBS tetapi hingga saat ini belum ada tindaklanjut. Meskipun beberapa waktu lalu sebelum kondisinya parah seperti sekarang, pihak BBWS sudah datang ke lokasi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X