Delapan Ibu Hamil di Wonogiri Mengidap HIV, Tapi Tak Semua Suaminya Positif. Kok Bisa?

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:10 WIB
Para mahasiswa Akper Giri Satria Husada dan komunitas pegiat peduli HIV/Aids Kabupaten Wonogiri membagikan bunga dan pita kepada pengguna jalan saat peringatan Hari Aids Sedunia di perempatan Giriwono, Kabupaten Wonogiri, Kamis (1/12).  (SMSolo/Khalid Yogi)
Para mahasiswa Akper Giri Satria Husada dan komunitas pegiat peduli HIV/Aids Kabupaten Wonogiri membagikan bunga dan pita kepada pengguna jalan saat peringatan Hari Aids Sedunia di perempatan Giriwono, Kabupaten Wonogiri, Kamis (1/12). (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Selama periode Januari-September 2022 ini ditemukan delapan ibu hamil mengidap HIV di Kabupaten Wonogiri.

Namun lima suami dari delapan ibu hamil itu dinyatakan non-reaktif atau negatif HIV. Lho kok bisa?

Achmad Sulistijo, Ketua Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Gajah Mungkur Wonogiri mengungkapkan, hanya dua suami yang dinyatakan reaktif HIV.

Baca Juga: Duh, Delapan Ibu Hamil di Wonogiri Terpapar HIV

"Lima suami itu dinyatakan non-reaktif, sedangkan ibu hamil (isterinya) bisa positif HIV. Kami juga heran, dapatnya (HIV) dari mana?" katanya saat membagikan bunga, pita dan pamflet dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia di perempatan Giriwono, Wonogiri, Kamis (1/12).

Kendai demikian, menurut dia, yang terpenting adalah keterbukaan masyarakat, sehingga mereka mau memeriksakan diri dan berobat.

"Yang terpenting mereka mau berobat," imbuhnya.

Baca Juga: Awas! 88 Kasus Baru HIV-Aids Muncul di Boyolali, 8 Meninggal Dunia

Sebelumnya diberitakan, selama periode Januari-September 2022 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri menemukan adanya delapan ibu hamil (bumil) yang terpapar HIV.

Sementara itu, jumlah kasus baru HIV/AIDS pada periode yang sama di kabupaten tersebut mencapai 49 kasus.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Diminta Berperan dalam Konservasi Air

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:35 WIB

PKS Wonogiri Targetkan Enam Kursi dalam Pileg 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:27 WIB

Panen Raya Jagung di Bendungan Plumbon Wonogiri

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:52 WIB
X