PD Muhammadiyah Klaten Kirim Bantuan dan Kru Dapur Umum ke Cianjur

- Minggu, 4 Desember 2022 | 19:09 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto bersama PDM Klaten, Lazismu dan MDMC melepas bantuan untuk korban gempa Cianjur.  (SMSolo/Merawati)
Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto bersama PDM Klaten, Lazismu dan MDMC melepas bantuan untuk korban gempa Cianjur. (SMSolo/Merawati)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten, bersama Lazismu dan MDMC memberangkatkan bantuan untuk korban gempa Cianjur dan 22 relawan, Sabtu (3/12/2022) pukul 08.00 WIB.

Satu truk bantuan terdiri atas 5 ton beras, 60 terpal, 50 selimut, obat-obatan dan vitamin, gula, teh, kopi, mi, peralatan mandi, makanan bayi, bumbu dapur, telur asin, pakaian anak baru, 25 karton rendangmu dan lainnya, dikirimkan.

‘’Ada 40 item bantuan yang dikirim untuk korban gempa bumi Cianjur hari ini. Nilainya sekitar Rp 100 juta, semoga bisa meringankan beban korban gempa agar mereka segera bangkit,’’ kata Agus Krisnadi mewakili PDM Klaten.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Pemberangkatan bantuan dilalukan Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto di Markas MDMC Klaten, dihadiri perwakilan dari Lazismu, MDMC, Aisyiyah dan lainnya.

Sedangkan, sebanyak 22 relawan terdiri atas kru dapur umum, tim medis dan relawan kebencanaan diberangkatkan pukul 13.00 WIB. Tim dapur umum akan bergabung dengan tim MDMC pusat untuk menyiapkan makanan untuk korban gempa.

‘’Saat ini, kami masih melakukan penggalangan bantuan untuk korban gempa Cianjur. Baru terkumpul Rp 175 juta, saya yakin masih banyak yang belum terkumpul. Nanti setelah terkumpul akan kembali disalurkan,’’ ujar Agus Krisnadi.

Baca Juga: Polda Jateng Kirim Bantuan ke Cianjur, Brigjen Abioso: Semoga Bermanfaat untuk Para Korban Gempa

Dia berpesan, agar setibanya di lokasi, relawan segera berkoordinasi dengan MDMC pusat dan PDM Cianjur.

‘’Jangan sampai smp tidak koordinasi dengan MDMC pusat dan PDM Cianjur, agar tepat sasaran, karena masih banyak yang belum dapat bantuan. Di sana, jaga ibadah, kalau kasih bantuan jangan pilih-pilih, semua saudara kita,’’ tegas dia.

Kepala BPBD Sri Winoto mengapresiasi langkah cepat PDM Klaten. BPBD Klaten sudah berkoordinasi dengan Posko Jawa Tengah. Sebelumnya, MDMC Klaten sudah mengirim 4 personel untuk membantu pembangunan toilet komunal.

Baca Juga: PD Perpamsi Jateng Berangkatkan 2 Truk Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

‘’Saya pesan agar selalu menjaga nama baik Muhammadiyah dan Kabupaten Klaten, bantuan tepat sasaran. Saat ini, beberapa komunitas juga melakukan penggalangan dana, bahkan ada yang sudah ke sana seperti Emergency SKB, Semut Geni, PMI, MTA, dan Klaten Selatan,’’ ujar Sri Winoto.

Sri Hartini dari PD Aisyiyah Klaten mengatakan, pihaknya terus melakukan penggalangan dana lewat pengurus cabang dan ranting.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X