Harga STB untuk Menangkap Siaran TV Digital Melejit. Di Sragen Tembus Rp 360 Ribu

- Selasa, 6 Desember 2022 | 15:55 WIB
Seorang pedagang di toko elektronik Perum Candi Baru, Kelurahan Plumbungan, Sragen melayani pembelian STB terakhir untuk pembeli, karena stok STB ludes terjual. (SMSolo/Anindito AN)
Seorang pedagang di toko elektronik Perum Candi Baru, Kelurahan Plumbungan, Sragen melayani pembelian STB terakhir untuk pembeli, karena stok STB ludes terjual. (SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Sejak siaran TV analog dihentikan, membuat khalayak kebingungan. Pasalnya pemilik TV analog kehilangan hiburan dan informasi yang biasa mereka nikmati di layar TV analog.

Analog Switch Off (ASO) migrasi dari TV analog ke digital mengharuskan pemilik TV analog menggunakan Set Top Box (STB) untuk bisa menangkap siaran TV digital.

Baca Juga: Sembunyikan Sabu di Anus, Dua Warga Aceh Ditangkap di Bandara Soekarno Hatta

Hasil pantauan, harga Set Top Box (STB) yang bisa menangkap siaran TV digital dipasaran, harganya melejit. Harga STB di toko-toko elektronik sekarang ini mencapai Rp 360.000 per unit.

Baca Juga: Prediksi Portugal vs Swiss: Ronaldo Punya Catatan Mengerikan atas Swiss

''Padahal bulan November 2022 lalu harganya masih dikisaran Rp 200.000 per unit,'' tutur Suwanto warga Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen.

Sejumlah warga antre di toko elektronik, hanya ingin mendapatkan STB. Mereka amat berminat memiliki STB agar bisa menikmati siaran laga sepakbola Piala Dunia yang memasuki babak 16 besar maupun menyaksikan hiburan lain. Sebab TV analog saat ini tidak bisa menangkap siaran itu.

Baca Juga: Prediksi Maroko vs Spanyol: Kali Terakhir Bertemu Berakhir Imbang 2-2

Di toko elektronik Dokter Lampu di Perumah Candi Baru Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen pembeli STB terlibat antre. Sejumlah STB berbagai merek Metrix atau Apple, ludes tak tersisa.

''Setelah siaran TV analog dihentikan, banyak warga mencari STB disini,'' ujar Sugiyamto.

Baca Juga: Siaran TV Analog Dihentikan, STB Langka dan Harganya Melejit

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Desa di Sragen Gelar Pilkades Sebelum November 2023

Minggu, 29 Januari 2023 | 19:30 WIB

Lelaki Ditemukan Tewas Mengapung di Kolam Ikan

Senin, 16 Januari 2023 | 18:13 WIB
X