543 Polisi Dikerahkan untuk Mengamankan Pilkades Serentak di Wonogiri

- Selasa, 6 Desember 2022 | 22:36 WIB
Para personel kepolisian mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades di halaman Polres Wonogiri, Selasa (6/12).  (SMSolo/Khalid Yogi)
Para personel kepolisian mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades di halaman Polres Wonogiri, Selasa (6/12). (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 543 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wonogiri, tahun ini. Mereka terdiri atas 443 personel Polres Wonogiri dan 100 personel Brimob.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, pihaknya menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades untuk memantapkan kesiapan dalam menjamin keamanan ketertiban dan kelancaran.

"Ini demi suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2022 di wilayah Kabupaten Wonogiri," katanya saat menggelar apel di halaman Polres Wonogiri, Selasa (6/12).

Baca Juga: Seleksi Pilkades Dinilai Curang, Ratusan Warga Desa Kembangkuning, Kecamatan Cepogo Geruduk Balai Desa

Tahapan Pilkades saat ini telah memasuki masa tenang. Adapun tahapan kampanye sudah selesai.

"Pahami tugas pokok dan penjabaran tugas masing-masing sudah dibagi," pesannya kepada para peserta apel.

Pasukan pengamanan akan digeser ke wilayah sampai ke desa-desa. Mereka akan melaksanakan tugas mengawal proses demokrasi mulai dari masa tenang pemungutan suara dan penghitungan suara.

Selanjutnya, pengamanan pasca pemungutan suara sampai tahapan Pilkada selesai tetap dilaksanakan agar situasi tetap kondusif.

Baca Juga: Panitia Pilkades dan Calon Kepala Desa di Wonogiri Deklarasi Pilkades Damai

Kapolres juga menekankan agar anggota Polri tetap netral. "Seluruh anggota Polri harus netral karena netralitas Polri adalah harga mati," katanya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Diminta Berperan dalam Konservasi Air

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:35 WIB

PKS Wonogiri Targetkan Enam Kursi dalam Pileg 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:27 WIB

Panen Raya Jagung di Bendungan Plumbon Wonogiri

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:52 WIB
X