Kantor Pertanahan Karanganyar Sabet Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

- Rabu, 7 Desember 2022 | 09:37 WIB
Kepala Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Karanganyar Aris Munanto berbincang dengan masyarakat yang mengakses layanan di loket kantor.  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Kepala Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Karanganyar Aris Munanto berbincang dengan masyarakat yang mengakses layanan di loket kantor. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Karanganyar meraih predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB.

Sejumlah inovasi layanan yang dilakukan, membuat instansi tersebut menjadi satu-satunya wakil Jawa Tengah yang menyabet penghargaan tersebut pada tahun ini.

Kepala Kantor Pertanahan Karanganyar Aris Munanto mengatakan, ada tiga kandidat dari Jateng, dalam ajang penghargaan penerapan reformasi birokrasi tersebut. Yakni Karanganyar, Kendal dan Wonogiri.

Baca Juga: Kaesang Segera Nikahi Erina Gudono, Begini Kesan Presiden Jokowi Terhadap Calon Menantunya

"Alhamdulillah, Karanganyar mendapatkan penghargaan ZI WBK. Ada enam kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat predikat WBK pada tahun ini. Yakni Karanganyar, Kupang, Tanah Laut, Tabanan, Kota Tanjung Pinang dan Kota Tangerang Selatan," jelasnya, usai mengikuti penyerahan penghargaan secara daring, Selasa (6/12).

Menurut Aris, prestasi itu merupakan hasil dari komitmen dari seluruh jajaran, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Termasuk dengan inovasi-inovasi layanan, untuk memudahkan akses masyarakat.

Salah satunya program Pelataran, yakni pelayanan pertanahan akhir pekan. Di mana setiap Sabtu-Minggu, Kantor Pertanahan membuka loket untuk layanan tertentu.

Baca Juga: Carter Bus Tingkat Wisata, Keluarga Jokowi Jalan-jalan Keliling Kota Solo

Juga ada Ngopi 10 Menit pada Senin-Jumat, di manan untuk tiga jenis layanan yakni balik nama, penghapusan hak tanggungan (roya) dan peningkatan atau perubahan hak dari HGB menjadi HM, hanya butuh waktu 10 menit untuk penyelesaiannya.

Aris mengatakan, predikat ZI WBK adalah tahap awal, sebelum melaju ke jenjang WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani).

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Karanganyar Lantik 531 PPS untuk Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:05 WIB
X