Temukan Sampah Menggunung di Pintu Air Siluwur, Bupati Sukoharjo Panggil Camat Weru

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:36 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat tumpukan sampah menggunung di pintu air Siluwur Desa Tegalsari Kecamatan Weru, Kamis (8/12/2022). (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat tumpukan sampah menggunung di pintu air Siluwur Desa Tegalsari Kecamatan Weru, Kamis (8/12/2022). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Bupati Sukoharjo Etik Suryani meminta agar Camat Weru serta instansi terkait lain membersihkan tumpukan sampah yang menggunung di depan pintu air Siluwur, Desa Tegalsari, Kecamatan Weru.

Kondisi pintu air Siluwur yang penuh sampah sendiri diketahui Bupati saat perjalanan pulang dari pantauan Pilkades serentak di Desa Karang Tengah.

Baca Juga: Ini Besaran UMK Tahun 2023 di Jawa Tengah dan Solo Raya, Kota Solo Berapa?

Saat itu, mobil Bupati tiba-tiba berhenti dan menepi. Kemudian Bupati perempuan pertama di Kabupaten Sukoharjo itu turun dan melihat kondisi pintu air.

"Ini jelas membahayakan kalau tidak dibersihkan. DPU atau pak Camat mana, bersihkan sampah-sampah yang ada di sini jangan sampai mengakibatkan petani atau warga terdampak," ujar Bupati.

Baca Juga: 13 Desa di Sukoharjo Pilkades Serentak, Bupati: Yang Menang Tidak Usah Euforia Berlebihan

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga sempat bertemu dan berbincang dengan warga setempat. Warga itu memberikan penjelasan mengenai kondisi sampah tersebut. Dimana sampah sampah itu berasal dari atas dan terbawa arus sungai.

Begitu mendapat penjelasan, Bupati langsung memanggil Camat Weru Pandiyanto yang ikut dalam rombongan. Dia diminta melakukan upaya pembersihan sebab mengganggu aliran air untuk petani dan membahayakan kondisi pintu air.

Baca Juga: Pilkades Serentak Boyolali: Hanya Ada Satu Calon, Pilkades Sendangrejo Ditunda, 14 Lainnya Lancar

Sebab jika air di Sungai Siluwur naik tetapi terhambat oleh sampah, akan mengakibatkan banjir. Dan yang terdampak adalah petani serta warga yang ada di sekitar sungai.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X