Enam Parpol Memenuhi Syarat Verfak Kepengurusan dan Keanggotaan di Karanganyar

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:27 WIB
Rapat pleno penetapan hasil verfak kepengurusan dan keanggotaan yang digelar KPU Karanganyar di Ruang OR Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (8/12).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Rapat pleno penetapan hasil verfak kepengurusan dan keanggotaan yang digelar KPU Karanganyar di Ruang OR Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (8/12). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Enam partai politik (parpol) di Karanganyar dinyatakan memenuhi syarat dalam tahap verifikasi faktual (verfak) kepengurusan dan keanggotaan.

Enam partai itu adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Buruh dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Enam partai tersebut sebagian adalah partai baru, sebagian lagi partai lama yang tidak memiliki kursi di parlemen.

Baca Juga: Verfak Parpol Pada 15 Oktober-4 November, KPU Kabupaten Bersifat Menunggu

Sementara Partai Gelora sejak awal tidak masuk tahap verfak, karena jumlah anggotanya tidak memenuhi batas minimal keanggotaan di Karanganyar. Yakni 936 orang.

Penetapan hasil verfak dilakukan KPU Karanganyar dalam rapat pleno yang digelar di Ruang OR Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (8/12).

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari enam partai yang menjalani verfak, serta instansi terkait lainnya.

Komisioner KPU Karanganyar Divisi Teknis Penyelenggara Muhammad Maksum mengatakan, pada tahap awal verfak, ada enam parpol yang tidak memenuhi syarat dan lima partai memenuhi syarat.

Baca Juga: Berkunjung ke Wonogiri, KPU RI Gunakan Rantis Maung Pindad. Lho?

"Namun setelah tahap verfak perbaikan, ada enam parpol yang dinyatakan memenuhi syarat. Dalam pelaksanaannya, verfak dilakukan dengan metode sampling," katanya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Karanganyar Lantik 531 PPS untuk Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:05 WIB
X