Antisipasi Penularan Covid-19, Tinggal Sementara di Tempat Isoter Jadi Keharusan

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 21:28 WIB
Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo melihat proses administrasi penerima vaksin pada pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di GOR RM Said, Kamis (5/8/2021).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo melihat proses administrasi penerima vaksin pada pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di GOR RM Said, Kamis (5/8/2021). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Tinggal sementara di tempat isolasi terpusat (isoter), menjadi keharusan yang dijalani pasien Covid-19.

Sebab, tindakan itu akan meminimalisasi penularan kepada lingkungan terdekat, khususnya orang yang tinggal serumah.

Hal itu ditegaskan Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo, di sela peninjauan Vaksinasi Merdeka Candi bersama Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla di GOR RM Said, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Humanis. Polisi Bantu Kakek Jualkan Koran dan Tisu di Perempatan

"Isolasi terpusat itu keharusan bukan pilihan. Kecuali jika serumah positif semua, beda lagi. Tapi kalau yang positif satu, bisa menulari yang lain jika tetap isolasi mandiri di rumah," katanya.

Keberadaan tempat isoter, menurutnya, untuk memisahkan sementara pasien positif Covid-19 dengan lingkungan terdekatnya yang negatif.

Baca Juga: Andalkan Potensi Pemain Lokal Nan Ciamik, Persika Karanganyar Siap Berlaga di Liga 3 Jateng

"Jangan sampai yang positif menulari yang negatif. Covid tidak akan selesai-selesai kalau tidak dibuat pola pemisahan ini," tandasnya.

Saat ini, Satgas Covid-19 Karanganyar sudah menyiapkan dua lokasi isoter, yakni di bangunan BLK Karangpandan dan Gedung Wanita Karanganyar.

Selain itu, sedang disiapkan tempat serupa di setiap kecamatan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Gardal, Ormas yang Fokus pada Pemberdayaan Masyarakat

Senin, 24 Januari 2022 | 21:15 WIB
X