Sidak Proyek Selter Manahan Solo, Komisi II DPRD Sebut Jumlah Kios Tak Sebanding dengan PKL

- Jumat, 9 Desember 2022 | 07:19 WIB
Anggota Komisi II DPRD Solo meninjau proyek pembangunan selter PKL Manahan, Kamis (8/12/2022).  (SMSolo/dok)
Anggota Komisi II DPRD Solo meninjau proyek pembangunan selter PKL Manahan, Kamis (8/12/2022). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Komisi II DPRD Solo menginspeksi proyek pembangunan selter Pedagang Kaki Lima (PKL) Manahan Solo, Kamis (8/12/2022).

Dalam inspeksi tersebut, Komisi II DPRD mendapati adanya kekurangan jumlah kios sehingga tak semua PKL bisa mendapatkan lokasi berjualan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD, Roro Indradi Sarwo Indah menerangkan, jumlah selter yang disediakan Pemkot Solo berjumlah 120 unit. Adapun total pedagang yang akan ditempatkan kembali di selter adalah 132 orang.

Baca Juga: Selter PKL Manahan Solo Ditata Usai Lebaran, Dukung Pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023

“Artinya ada 12 pedagang yang belum mendapatkan tempat,” tandas Roro.

Ia melanjutkan, ke-132 pedagang itu adalah hasil pengurangan dari data lama yang berisi 262 PKL. Sebab dalam data tersebut terdapat satu pedagang yang menempati lebih dari satu selter.

“Cuma selter yang ada di sini hanya 120. Ini yang jadi PR adalah bagaimana (penempatannya) karena kurang,” tandas politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Dinas Perdagangan Solo, lanjutnya, menyodorkan solusi dengan membagi seluruh pedagang dalam dua shift. Di mana sebagian pedagang berjualan dari pagi sampai sore dan sisanya berjualan mulai sore sampai malam hari.

Baca Juga: Digelar di Solo dan Jogja, Prosesi Siraman Kaesang-Erina Hanya akan Dihadiri Keluarga

“Sehingga bisa mengakomodasi 12 pedagang yang belum mendapatkan selter itu.”

Komisi II juga mendesak pelaksana proyek agar tenggat penyelesaian proyek pada 20 Desember 2022 dipatuhi. “Jadi pedagang bisa berjualan lagi dan masyarakat dapat menikmati fasilitas di sini, seperti food court atau jogging track,” tandas Roro.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Nur Basuki, memastikan bahwa pembangunan selter dan jogging track di lokasi tersebut akan selesai 10 Desember 2022.

“Kalau kontrak pembangunan tahap dua yakni pembangunan kaldron, berjalan 28 Desember 2022,” terangnya.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB
X