Usai Lakukan Siraman, Jokowi Tak Kuat Gendong Kaesang

- Jumat, 9 Desember 2022 | 12:39 WIB
Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Ibu Negara Iriana melaksanakan prosesi gendongan di kediaman pribadi Jokowi, Jumat (9/12/2022).  Namun Presiden Jokowi tidak kuat gendong Kaesang. (SMSolo/dok Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)
Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Ibu Negara Iriana melaksanakan prosesi gendongan di kediaman pribadi Jokowi, Jumat (9/12/2022). Namun Presiden Jokowi tidak kuat gendong Kaesang. (SMSolo/dok Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Ada yang menarik dalam proses siraman Kaesan Pengarep di kediaman pribadi Presiden Jokowi yang digelar Jumat (9/12/2022).

Siraman sebagai bagian dari prosesi adat pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Seremoni siraman yang dilakoni Kaesang tersebut terdiri dari beberapa prosesi, seperti sungkeman, potong rambut, bucal sukerta (buang sial), gendongan dan suapan terakhir.

Baca Juga: Bupati Bangkalan dan Lima Pejabat Ditahan KPK, Kasus Apa?

“Acaranya di dalam sama seperti (prosesi siraman pernikahan) Mas Gibran dulu. Ada siraman dari bapak dan ibu Mas Kaesang, para sesepuh seperti Pak Luhut (Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan), Pak Mahfud (Menkopolhukam, Mahfud MD), Pak Hadi Tjahjanto (Menteri ATR), Bu Retno Marsudi (Menlu) dan pihak keluarga,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, yang menjadi undangan prosesi siraman Kaesang.

Baca Juga: Ini Harapan Jokowi Usai Kaesang Siraman dan Segera Jalani Ijab Kabul

Ahyani tak tinggal tak jauh dari kediaman Jokowi itu mengaku melihat jalannya prosesi demi prosesi siraman dari layar televisi, yang disediakan panitia di depan rumah Jokowi. Sebab siraman itu digelar terbatas.

“Ada prosesi suapan terakhir juga dari bapak dan ibu (Jokowi dan Iriana), karena ini adalah hajatan terakhir beliau.”

Baca Juga: Air Mata Ibu Negara Iriana Menetes Saat Prosesi Siraman Kaesang

Usai siraman, kata Ahyani, Kaesang pun menjalani prosesi gendongan oleh sang ayah.

“(Jokowi) nggak kuat gendongnya, jadi simbolis saja. (Kaesang berjalan) di belakang dibalut handuk. Lalu dibawa ke tempat prosesi suapan terakhir dan pemberian pesan-pesan dari bapak ibu,” urai Ahyani.

Baca Juga: De Ja Vu! Kroasia Gundah! Ternyata Ini Wasit Inggris yang Pimpin Laga Kroasia vs Brasil. Siapa Dia?

“Isi pesan dari Bapak ya seputar persiapan menghadapi masa depan. Biar selamat dan sukses,” imbuhnya. ** 

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB
X