Masih Ditutup Seng, Bupati Klaten Minta Revitalisasi Alun-alun Dikebut untuk Perayaan Tahun Baru

- Senin, 26 Desember 2022 | 17:43 WIB
Sebagian area alun-alun Kota Klaten ditutup karena masih dalam tahap penyelesaian proyek. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Sebagian area alun-alun Kota Klaten ditutup karena masih dalam tahap penyelesaian proyek. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comRevitalisasi Alun-alun Klaten belum juga rampung. Sebagian arena masih dipasangi seng dan penutup, karena pengerjaan finishing belum selesai.

Padahal lokasi ruang terbuka publik itu akan digunakan untuk perayaan Tahun Baru, Sabtu (31/12/2022) malam.

‘’Saya minta Perwaskim memberikan kejelasan, penyelesaiannya agar segera dikebut. Saya lihat alun-alun masih ditutupi seng dan masih ada yang belum selesai,’’ tegas Bupati Klaten Sri Mulyani usai Rakor di pendapa Pemkab setempat, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Catat! Abah Lala Bakal Meriahkan Perayaan Tahun Baru di Alun-alun Klaten

Bupati menegaskan, jangan sampai kegiatan revitalisasi belum rampung saat perayaan malam pergantian tahun, sehingga dapat mengganggu kelancaran perayaan Tahun Baru.

Bupati minta, pada 31 Desember, alun-alun sudah selesai dan bersih dari material sisa pembangunan.

‘’Saya juga minta agar lampu-lampu dicek semua, jangan sampai kelewatan. Di sekeliling alun-alun kan sudah dipasang lampu-lampu, jangan pas acara lampunya malah tidak menyala,’’ ujar Bupati.

Baca Juga: Jelang Nataru, Polres Klaten Siagakan Tim Reaksi Cepat Pertolongan Korban Kecelakaan

Rencananya, 31 Desember diberlakukan Car Free Night. Sehingga sepanjang Jalan Pemuda ditutup, mulai dari perempatan Bareng sampai Tugu Adipura depan Pemkab Klaten. Area depan alun-alun juga harus bebas pedagang.

‘’Nantinya, pedagang tidak boleh berjualan didepan alun-alun. Pokoknya free dari pedagang, karena tempat itu untuk pengunjung. Pedagang boleh berjualan dari Bareng sampai perempatan Matahari dan dari Laris sampai Tugu Adipura. Tapi antara Matahari sampai Laris khusus untuk pengunjung,’’ imbuh dia.

Malam pergantian tahun di alun-alun Klaten akan dimeriahkan penampilan Abah Lala, Budi Cilok, Evan Loss dan Aneth Koeswoyo. Diharapkan mereka bisa memberikan hiburan bagi masyarakat Klaten.

Baca Juga: Alun-alun Klaten Direvitalisasi Senilai Rp 7 Miliar, Pedagang Pindah Lokasi

Akhir 2022 ini, masih ada dua agenda besar di Klaten yakni peresmian kembali obyek wisata Bukut Sidoguro di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten dan perayaan malam Tahun Baru di alun-alun Klaten.

Rencananya, Jumat (30/12/2022) pagi, Bupati Klaten Sri Mulyani akan meresmikan kembali Bukit Sidoguro yang baru merampungkan sejumlah fasilitas baru dengan anggaran Rp 4,8 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dana itu digunakan untuk menambah fasilitas wisata, antara lain pembangunan 10 unit plaza kuliner di atas bukit, plaza kuliner di bawah, mushola, 14 gazebo dan beberapa fasilitas lain.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stunting di Klaten Urutan 11 Terendah di Jateng

Jumat, 26 Mei 2023 | 06:00 WIB
X