Pembongkaran Pendapa Kepatihan Mangkunegaran Dilaporkan ke Polisi

- Senin, 23 Januari 2023 | 19:23 WIB
Material menumpuk di sekitar lokasi eks Pendapa Kepatihan Mangkunegaran Solo yang telah dibongkar, Rabu (18/1/2023).  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Material menumpuk di sekitar lokasi eks Pendapa Kepatihan Mangkunegaran Solo yang telah dibongkar, Rabu (18/1/2023). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pembongkaran Pendapa Kepatihan Mangkunegaran atau juga dikenal sebagai nDalem Tumenggungan di Jalan Ronggowarsito, Timuran Kecamatan Banjarsari, Solo yang mengundang polemik, akhirnya dilaporkan ke polisi.

Pihak yang dilaporkan yakni pemilik bangunan bernama Nur Harjanto. Yang bersangkutan dilaporkan ke Satreskrim Polresta Solo oleh pengacara Plasidus Bambang Ary Wibowo dalam perkara dugaan pelanggaran Undang-undang Cagar Budaya.

Berdasar informasi, Pendapa Kepatihan Mangkunegaran merupakan bangunan cagar budaya atau BCB.

Baca Juga: Tanpa Izin Pemkot, Cagar Budaya Pendapa Kepatihan Mangkunegaran Solo Dibongkar

Kasus dugaan pembongkaran pendapa tersebut dilaporkan pada Sabtu (21/1/2023) dengan nomor STBP/49/I/2023/Reskrim Polresta Surakarta.

Kasatreskrim Kompol Djohan Andika tak membantah adanya aduan itu.

"Benar sudah ada aduan. Kita segera atur rencana penyelidikan," kata Kompol Djohan mewakili Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Cagar Budaya Pendapa Kepatihan Mangkunegaran Solo Dibongkar, Ini Kata Mangkunegara X

Terkait masalah itu, KGPAA Mangkunegoro X atau GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menjelaskan, pengelolaan aset lokasi tersebut bukan lagi di Pura Mangkunegaran, tapi sudah di tangan pihak lain. Karena itu, harus dipantau lagi seperti apa kondisinya.

Gusti Bhre belum bisa berbicara banyak mengenai masalah tersebut karena pembongkaran Pendapa Kepatihan Mangkunegaran, sudah terjadi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gibran 'Pamer' Foto Digandeng Megawati, Sinyal Apa?

Senin, 30 Januari 2023 | 19:59 WIB
X