Dibantu Tronton, Bus Peziarah Asal Jombang yang Terguling di Klaten Akhirnya Dievakuasi

- Jumat, 27 Januari 2023 | 05:38 WIB
Bus Purnama berhasil dievakuasi setelah terguling di area persawahan Klaten, Kamis (26/1) malam. (SMSolo/dok)
Bus Purnama berhasil dievakuasi setelah terguling di area persawahan Klaten, Kamis (26/1) malam. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Bus Purnama bernomor Polisi R 1508 BE yang terguling di Jalan Merbabu wilayah Desa Sembung Kecamatan Wedi, Klaten, berhasil dievakuasi, Kamis (26/1/2023) malam.

Bus yang mengangkut puluhan peziarah asal Jombang, Jawa Timur itu terguling di persawahan, saat perjalanan menuju Makam Ki Ageng Pandanaran di Desa Paseban Kecamatan Bayat, Klaten. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Proses evakuasi berlangsung cukup dramatis dan tidak berhenti meski turun hujan cukup lebat di kawasan itu. Para relawan bersemangat membantu evakuasi bus yang terguling di persawahan.

Baca Juga: Bus Peziarah Makam Ki Ageng Pandanaran asal Jombang Terguling di Klaten

''Alhamdulillah, selesai evakuasi armada bus. Saya mewakili crew bus Purnama trans Jombang Jatim mengucapkan banyak terima kasih kepada tim118 dan relawan semuanya,'' kata Slamet TW, salah seorang relawan setempat.

Setelah semua penumpang bus dievakuasi dari dalam bus dan diangkut menggunakan bus lain menuju kompleks Makam Ki Ageng Pandanaran, proses evakuasi pun dimulai.

Karena armadanya besar, didatangkan dua mobil derek. Namun itu pun belum cukup. Upaya menarik bus dari persawahan dibantu truk tronton yang kebetulan melintas.

Baca Juga: Usai Wisata di Cepogo, Bus Wisata asal Kendal Terbakar di Jalur SSB

''Ada dua mobil derek yang didatangkan untuk mengevakuasi bus yang terguling, serta tambah tronton bermuatan untuk menarik,'' ujar Slamet TW usai evakuasi sekitar pukul 19.30 WIB.

Sebelumnya, Bus Purnama yang mengangkut rombongan peziarah asal Jombang terguling saat perjalanan menuju ke Makam Ki Ageng Pandanaran Bayat, Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Tak diketahui secara pasti penyebab bus terguling masuk ke areal persawahan di sisi kiri jalan. Melihat ada kecelakaan, warga dan relawan serta aparat kepolisian segera berdatangan ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan.

Baca Juga: Bus Sumber Rahayu Nyungsep Di Sawah di Klaten, Diduga Sopir Ngantuk

Relawan Wedi, Gantiwarno, Bayat dan lainnya turut membantu penanganan korban. Sejumlah ambulans juga datang ke lokasi kejadian untuk mengantisipasi bila ada korban yang butuh penanganan medis.

Mereka membantu para penumpang yang sebagian berusia lanjut, untuk keluar dari dalam bus dengan bantuan tangga. Penumpang harus melalui pintu yang berada di atas, karena posisi bus miring ke kiri.

Para penumpang dievakuasi dan dibawa dengan bus lain menuju ke penginapan di komplek Makam Ki Ageng Pandanaran. Beruntung tidak ada korban jiwa dan tak ada yang mengalami cidera serius.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Karyawan Alfamart Klaten Ikuti Donor Darah

Selasa, 14 Maret 2023 | 11:15 WIB
X