KKN UGM Pamit, Pasar Senggol dan Pemancingan Puser Bumi Kalikotes Diresmikan

- Minggu, 5 Februari 2023 | 18:09 WIB
Mahasiswa KKN-PPM UGM Unit Kalikotes saat pamiten, dilepas Plt Camat Kalikotes Veronica Retno Setyaningsih.(dok)
Mahasiswa KKN-PPM UGM Unit Kalikotes saat pamiten, dilepas Plt Camat Kalikotes Veronica Retno Setyaningsih.(dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comPasar Senggol dan Pemancingan Puser Bumi di Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten diresmikan bersamaan pelepasan KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di aula Kecamatan Kalikotes, Sabtu (4/2/2023).

Peresmian MoU wisata Embung Pasar Senggol dan Pemancingan Puser Bumi ditandatangani Kades Kalikotes Ponidi dan Harsono dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kalikotes.

Acara disaksikan Plt Camat Kalikotes Veronica Retno Setyaningsih dan Prof Suratman, dosen pembimbing KKN-PPM UGM Unit Kalikotes. Kegiatan itu sekaligus dimeriahkan pameran produk hasil KKN.

Baca Juga: Puskesmas Kalikotes dan 9 Ambulance DBHCHT Tingkatkan Layanan Kesehatan di Klaten

“Kami berharap, peresmian MoU Pasar Senggol dan Pemancingan Puser Bumi bisa menjadi awal perputaran ekonomi mandiri desa, sehingga Desa Kalikotes lebih maju dan jadi pelopor Desapolitan,” kata Kades Ponidi.

Sebelumnya, KKN-PPM UGM Unit Kalikotes digelar di 3 desa yakni Desa Kalikotes, Desa Jimbung dan Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten. Para mahasiswa tersebut pamitan, karena program KKN dari kampusnya telah habis.

Di Desa Kalikotes, mahasiswa turut merintis Pasar Senggol Puser Bumi. Dalam penyusunan DED Waduk Pasar Senggol Puser Bumi, mereka berkolaborasi dengan Unwidha Klaten.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UGM Gelar Minggu Gembira di Desa Jimbung

Selain itu, ada pembuatan aquaponik, pelatihan ecoprint, penanaman pohon buah, infrastruktur Bumi Perkemahan Kalikotes dan pelatihan pembuatan kompos metode Takakura.

Tak hanya itu, mahasiswa juga membantu membuat website Desa Wisata Kalikotes, video branding desa wisata, hingga pelatihan public speaking bagi siswa SMP.

Di Desa Jimbung digelar Minggu Gembira ASTP, ternak terpadu circular based, pembuatan pakan ternak dan mesin tetas telur, kampung anggrek, dan pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian.

Selain itu, ada penanaman 3000 pohon pepaya, pengolahan sampah botol plastik menjadi tali, hingga pembuatan infografis Desa Wisata Jimbung dan pengelolaan website Jimbung.

Baca Juga: Tim KKN 193 UNS Dampingi Warga di Wonogiri Manfaatkan Empon-empon

“Program Tim KKN diharapkan tetap berlanjut serta dapat dikembangkan lagi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jimbung,” kata Suratman.

Sedangkan di Desa Ngemplak, ada Semarak Pasar Ngemplak melibatkan 50 UMKM, pelatihan ecoprint dengan mitra Tiva Craft Tangerang, revitalisasi greenhouse, tanam pohon dan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dalam 5 Hari, Polres Klaten Sita 44.000 Petasan

Senin, 27 Maret 2023 | 19:59 WIB
X