Di Jimbung, Ada Ayam Broiler Rasa Ayam Kampung Nonvaksin. Kok Bisa?

- Selasa, 7 Februari 2023 | 11:41 WIB
Pristya Tika Dyah Ayu menyerahkan ayam sehat Jimbung goreng kepada Plt Camat Kalikotes disaksikan dosen pembimbing Prof Suratman.(dok)
Pristya Tika Dyah Ayu menyerahkan ayam sehat Jimbung goreng kepada Plt Camat Kalikotes disaksikan dosen pembimbing Prof Suratman.(dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Di Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ada ayam broiler rasa ayam kampung. Lho, kok bisa?

Ayam yang diberi nama Ayam Sehat Jimbung ini dikembangkan mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Pemdes Jimbung dan peternak setempat.

Ayam hanya diberi makan maggot atau larva Black Soldier Fly atau lalat tentara hitam dan katul saja. Selama hidupnya, atam juga tidak pernah divaksin sama sekali.

Baca Juga: Menikmati Menu Ayam di Kandang Ingkung Karanganyar

"Ayam sehat ini hasil dari pemeliharaan dengan pakan hanya dari maggot dicampur katul," kata Pristya Tika Dyah Ayu mahasiswa Fakultas Peternakan UGM selaku penanggung jawab program.

Sebelumnya, Desa Jimbung sudah membudidayakan maggot untuk mengarasi dan mengolah sampah organik.

"Tujuan awal dilaksanakan program ini agar Jimbung memiliki root map dari pengolahan sampah. Tercetus ide pemanfaatan maggot lebih jauh lagi sebagai bahan pakan ayam," ujar Pristya.

Baca Juga: Kandang Ayam di Slogohimo Terbakar, 12 RIbu Ekor Ayam Terpanggang. Kerugian Ditaksir Rp1,2 Miliar

Penggunaan pakan pelet berbahan maggot juga untuk menekan biaya pakan pabrikan yang semakin mahal, di sisi lain maggot menjadi pakan terbarukan.

Selama pemeliharaan, ayam tidak diberikan bahan kimia serta vaksin. Bahkan, air minum juga tidak diberi obat buatan pabrik.

Keunggulannya, ayam yang diberi pakan berbahan dasar maggot menghasilkan kotoran yang tidak bau. Karakter dagingnya seperti ayam kampung.

Baca Juga: Mulai Tanggal 7-20 Februari Ini Ada Operasi Keselamatan Candi, Ini Sasarannya

Rasa ayam sehat jimbung lebih gurih dari ayam broiler, sehingga bisa dikatakan ayam sehat jimbung itu merupakan ayam organik.

Selama program, ada 7 mahasiswa KKN Sub Unit Jimbung yang membantu Pristya dalam pembuatan pakan serta pemeliharaan.

Kasi Pemerintahan Desa Jimbung, Yuniar Siswandono mengatakan ayam broiler yang diberi pakan pelet berbahan maggot perkembangannya memang tidak secepat bila diberi makan pabrikan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Karyawan Alfamart Klaten Ikuti Donor Darah

Selasa, 14 Maret 2023 | 11:15 WIB
X