Dihajar Hujan Beberapa Hari, Talud dan Pagar TK ABA Sidorejo Lereng Merapi Longsor

- Kamis, 9 Februari 2023 | 15:54 WIB
Kapolsek Kemalang AKP Suharto dan Bhabinkamtibmas Aipda Isti Handoko melakukan cek lokasi tanah longsor di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Sidorejo.(dok)
Kapolsek Kemalang AKP Suharto dan Bhabinkamtibmas Aipda Isti Handoko melakukan cek lokasi tanah longsor di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Sidorejo.(dok)

Klaten, suaramerdeka-solo.comtalud dan pagar TK Bustanul Athfal Aisyiyah Sidorejo 1 di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, Klaten mengalami longsor, Kamis (9/2/2023) pagi.

Tanah longsor di kawasan Lereng Merapi itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang turun dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, bangunan talud sudah rapuh.

Tak lama setelah longsor terjadi, Kapolsek Kemalang AKP Suharto bersama Bhabinkamtibmas Aipda Isti Handoko melaksanakan pengecekan ke lokasi kejadian.

Baca Juga: Dihajar Hujan Deras, Talud 15 Meter di Gantiwarno Longsor dan Timpa 2 Rumah

‘’Begitu ada informasi tanah longsor, kami lakukan cek TKP. Memang benar ada tanah longsor yang mengakibatkan talud dan pagar TK ABA Sidorejo ambrol,’’ kata AKP Suharto.

Dari keterangan warga setempat tanah longsor terjadi, Kamis, 9 Februari 2023 sekitar pukul 07.00 WIB.

talud yang ambrol dan longsor berukuran panjang 5 meter, dengan tinggi 4 meter dan lebar 1 meter. Jarak tanah yang longsor hanya tersisa sekitar 1 meter mendekati tembok bangunan TK.

Baca Juga: 9 Desa di Klaten Dilanda Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang

Menyikapi musibah itu, pengurus TK dan warga sepakat untuk melaksanakan gotong royong pada Minggu, 12 Februari 2023 mendatang.

Guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan, warga dan pengurus TK dibantu aparat Polsek menutup bagian yang longsor dengan terpal.

‘’Untuk sementara, bagian yang longsor sudah ditutup terpal agar bila terjadi hujan lebat, bagian tanah yang longsor tidak terkena air langsung sehingga longsor tidak semakin meluas,’’ tegas AKP Suharto.

Diduga, tanah longsor disebabkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Selain itu, mutu bangunan pagar juga sudah rapuh.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dalam 5 Hari, Polres Klaten Sita 44.000 Petasan

Senin, 27 Maret 2023 | 19:59 WIB
X