Mahasiswa Unwidha Temukan Argis, Alat Bantu Rehabilitasi Patah Tulang Lutut Pasca Operasi

- Senin, 16 Agustus 2021 | 15:03 WIB
Mahasiswa Unwidha mempresentasikan cara kerja Argis di depan Wakil Rektor III Unwidha, Tr H Daru Pratama MT. (SMSolo/Merawati S)
Mahasiswa Unwidha mempresentasikan cara kerja Argis di depan Wakil Rektor III Unwidha, Tr H Daru Pratama MT. (SMSolo/Merawati S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Mahasiswa Universitas Widya Dharma (Unwidha) Kabupaten Klaten menemukan Articulatio Genu Physiotherapy Orthosis (Argis), yakni alat bantu rehabilitasi patah tulang atau fraktur lutut pasca operasi.

Cara kerja alat itu disampaikan di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Rektorat Unwidha Klaten, Sabtu (14/8/21) yang dibuka Wakil Rektor III Unwidha Klaten, Ir H Daru Pratama, MT.

‘’Argis temuan mahasiswa Unwidha Klaten sudah diikutkan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 33 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Maret 2021 lalu,’’ kata Daru Pratama.

Baca Juga: di Karanganyar, Gibran Serahkan 93 Unit Konsentrator Oksigen

Tampak hadir Kepala Ruang Fisioterapi RSUD Bagas Waras Klaten, Sri Yunanto, Sfis, Ftr, dan dosen elektro Unwidha, I Wayan Angga Wijaya Kusuma, ST, MEng yang juga pendamping Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unwidha Klaten.

"Temuan ini sangat membanggakan civitas akademika Unwidha Klaten dan ke depan Arsis akan dikembangkan. Semoga bisa menjadi sumbang sih Unwidha pada dunia Kesehatan,’’ ujar Daru Pratama.

Sri Yunanto dari Bagas Waras mengatakan, Argis hasil kreativitas mahasiswa Unwidha sangat luar biasa. Alat tersebut bisa dikembangkan menjadi alat medis di Indonesia untuk menangani cidera lutut dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Pendonor Plasma Konvalesen Wonogiri Semakin Bertambah

Ketua Tim Pengembang Argis 2.0 Unwidha Klaten, Syaiful Ari Hangga Hidayah mengatakan, alat Argis ini sudah mengalami dua kali pengembangan. Untuk pertama diberi nama Argis dan pengembangan kedua diberi nama Argis 2.0.

Argis generasi pertama digagas tim yang diketuai Warsat Resti Arbi Nugroho dari Prodi Elektronika 2017 dengan anggota Laras Ayu Kumalasari (Pendidikan Bahasa Inggris 2017) dan Syaiful Ari Hangga Hidayah (Teknik Elektro 2018).

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X