Komunitas Kali Pengging: Sungai Kita Belum Merdeka

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:56 WIB
Komunitas Kali Pengging, Kecamatan Banyudono menggelar upacara di Sungai Bantar untuk mengingatkan pentingnya keberadaan sungai.(SMSolo/Joko Murdowo)
Komunitas Kali Pengging, Kecamatan Banyudono menggelar upacara di Sungai Bantar untuk mengingatkan pentingnya keberadaan sungai.(SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Komunitas Kali Pengging, Kecamatan Banyudono memiliki cara unik untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-76. Yaitu dengan menggelar upacara di sungai pada Selasa (17/8).

Tepatnya dilaksanakan di bawah bendungan Sungai Bantar, yang ada di kompleks Pemandian Umbul Sungsang, Kecamatan Banyudono. Belasan peserta tanpa ragu masuk ke dalam sungai. Meski terendam air, para peserta tetap mengikuti upacara secara khidmat.

Tak ada suara selain terdengarnya aba- aba upacara. Termasuk saat penghormatan bendera merah putih, suasana nampak hening. Ditambah suara gemericik air jernih yang mengalir menambah suasana semakin khidmat.

Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan Di Solo Baru Dihentikan

Menurut Koordinator Komunitas Kali Pengging Totok Sudarianto, pihaknya sengaja menggelar upacara untuk memperingati HUT ke 76 Kemerdekaan RI ini di sungai. Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat terhadap keberadaan sungai.

“Saat ini Indonesia sudah merdeka, namun sungai kita belum merdeka," katanya usai upacara.

Terbukti, masih banyak sungai yang tercemar oleh sampah dan limbah. Dampaknya, sungai menjadi kotor dan berbau. Ikan di sungai pun mati. Padahal, dulu sungai menjadi salah satu tempat kegiatan masyarakat.

Baca Juga: Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi, Presiden Berbusana Adat Lampung

“Masyarakat bisa memancing atau menjala ikan dengan leluasa.”

Sayangnya, kesadaran masyarakat tentang sungai, khususnya untuk menjaga kelestarian lingkungan sungai masih rendah. Bahkan, sungai saat ini berubah menjadi menjadi tempat sampah terpanjang.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Diduga Korsleting Listrik, BTS di Simo Boyolali Terbakar

Selasa, 30 November 2021 | 14:19 WIB

Hantam Pagar Rumah, Nissan X-Trail Terbalik

Sabtu, 27 November 2021 | 20:12 WIB
X