Sukoharjo Mulai Vaksin Penderita Hipertensi dan Deabetes

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Bupati Sukoharjo beserta Forkopimda mencanangkan vaksinasi bagi warga dengan penyakit kronis di RSUD, Jumat (27/8). (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo beserta Forkopimda mencanangkan vaksinasi bagi warga dengan penyakit kronis di RSUD, Jumat (27/8). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Warga penderita penyakit kronis seperti diabetes melitus (DM) di Kabupaten Sukoharjo mulai mendapat vaksinasi Covid-19.

Pencanangan vaksinasi bagi mereka dilakukan di RSUD Sukoharjo oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani dihadiri Wakil Bupati dan Forkopimda serta Sekda, Jumat (27/8).

Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menjelaskan, ada ratusan peserta JKN-KIS yang terdeteksi DM dan hipertensi. Padahal dari beberapa kasus Covid-19, mereka dengan penyakit komorbitas ini, cenderung bergejala berat bahkan ada yang meninggal saat terpapar covid.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNS Hidupkan Kembali Hidroponik Desa Nglinggi Klaten

"Dari hal ini maka pemerintah memutuskan untuk melakukan vaksinasi bagi warga dengan hipertensi dan diabet ini. Sebab penderita penyakit ini sekaang tidak hanya orangtua, tetapi juga usia produktif," jelas Yunia.

Tujuan vaksinasi bagi mereka ini untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Sukoharjo. Serta jika mereka nanti terpapar, tidak sampai bergejala berat.

"Setelah ini nanti akan dilakukan ke seluruh layanan faskes dan provider BPJS untuk bisa melakukan vaksinasi."

Terkait dengan screening bagi mereka, Yunia mengatakan, saat menjadi peserta JKN-KIS mereka sudah dilakukan screening secara berkala.

Baca Juga: Vania Siap Live Streaming Kampanye Anti Narkoba

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, dengan vaksinasi bagi penderita penyakit kronis ini diharapkan mempercepat terciptanya herd immunity.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB

Polres Sukoharjo dan STTW Surakarta Teken MoU

Selasa, 23 November 2021 | 18:10 WIB
X